Rochunesia - Mangga merupakan tanaman buah tahunan (parennial plants) berupa pohon berbatang keras yang tergolong kedalam famili Anarcadiaceae. Mangga diperkirakan berasal dari negara India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia.Kata mangga sendiri berasal dari bahasa Tamil, yaitu mangas atau man-kay.

Klasifikasi dan Budidaya Mangga
 Buah Mangga
(sumber: tanamanmart.com)

Tanaman mangga mempunyai daya adaptasi yang tinggi, baik didataran rendah maupun dataran tinggi, dengan keadaan volume curahhujan sedikit atau banyak. Tetapi untuk memperoleh produksi manggayang tinggi membutuhkan temperatur, curah hujan, keadaan awan danangin yang sesuai untuk syarat pertumbuhan tanaman mangga

Tanah yang baik untuk budidaya mangga adalah gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang. pH tanah yang cocok untuk budidaya mangga berkisar antara 5,5-7,5. Apabila pH di bawah 5,5 sebaiknya diberi kapur dolomit.

Klasifikasi Tanaman Mangga
Berikut adalah klasifikasi ilmiah tanaman mangga:

       Kingdom : Plantae
       Sub Kingdom : Viridiplantae
       Super Divisi : Embryophyta
       Divisi : Tracheophyta
       Sub Divisi : Spermatophytina
       Kelas : Magnoliopsida
       Super Ordo : Rosanae
       Ordo : Sapindales
       Family : Anacardiaceae
       Genus : Mangifera
       Spesies : Mangifera indica L. 
 

Teknik Budidaya Tanaman Mangga
Adapun mekanisme dalam pengertian bididaya tanaman mangga ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Pemilihan Bibit
Pemilihan bibit mangga sebaiknya dipilih dari biji yang berasal dari tanaman kuat, sehat, bebas hama dan penyakit tanaman serta memiliki buah berkualitas. Pembibitan biji ini dilakukan dengan cara mengering anginkan biji kemudian membuang kulitnya

Penyemaian Bibit Mangga
Dalam melakukan penyemaian biji mangga, maka perlu diberikan pelindung yang terbuat dari plastik atau sisa-sisa tanaman (mulsa). Diusahakan udara yang berada dalam penyemaian tidak terlalu lembab, kemudian biji mangga ditanam dengan posisi dari badan biji menghadap kearah bawah agar akar yang muncul tidak membengkok.

Pengolahan Media Tanam
Ketika akan mempersiapkan lahan, penting untuk membuang semua tanaman yang tidak berguna dan hama disekitar lahan yang digunakan sebagai area penanaman. Tanah dibajak untuk menghilangkan tumpukan tanah yang terlalu besar dan berfungsi untuk menggemburkan tanah karena dapat mengeluarkan racun dalam tanah.

Teknik Penanaman
Buat lubang tanam untuk dilakukan proses penimbunan, kemudian digali kembali kedalaman sekitar 30 cm dan panjang serta lebar sekitar 60 cm. Pada lubang tanam, sebaiknya diberikan furadan sebanyak 10 hingga 25 gram. Kemudian, ambil polybag dan masukkan ke dalam tanah.
 
Sebelum dimasukkan ke dalam tanah sebaiknya polybag tersebut sudah digunting hingga bagian bawah dari polybag. Selanjutnya, bibit tanaman yang telah ditanam ditutup kembali menggunakan tanah yang sebelumnya dikeluarkan hingga tanah yang terdapat tanaman mangga menjadi gundukan. Lalu, padatkan tanah yang berada disekitar batang dan pasanglah penyangga yang terbuat dari kayu agar tanaman tidak rusak.

Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Terimakasih,

Sumber: https://dosenpertanian.com/tanaman-mangga/