Susu Jagung Sehat dan Bergizi
(sumber: kumparan.com)
Rochunesia – Jagung merupakan sumber pangan terpenting kedua setelah padi di Indonesia. Daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia yaitu Provinsi Jawa Timur. Ya, Jawa Timur merupakan penghasil jagung terbesar di Indonesia, sekitar 40 % dari hasil nasional. Maka tak ayal, banyak produsen benih jagung didirikan di Jawa Timur sebut saja PT. BISI, PT. Benih Pertiwi, PT. Benih Citra Asia, dan masih banyak lagi. 

Di daerah Madura dan Nusa Tenggara mayoritas penduduknya makanan sehari-harinya adalah jagung. Makanan tersebut tentunya berasal dari biji jagung yang telah dimasak kemudian dimakan. Namun, tidak hanya bijinya saja yang dapat dimanfaatkan, ternyata bagian lain dari tanaman ini pun juga dapat dimanfaatkan. Batang dan daun muda dari jagung biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Batang dan daun setelah panen dapat dijadikan sebagai pupuk kompos yang dapat menambah unsur hara dalam tanah. Selain itu, batang dan daun yang tua juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak. 

 Puding Jagung Lucu
(sumber: sipendik.com)
Di dalam jagung per 100 gram ternyata terkandung banyak sekali kandungan gizinya, meliputi karbohidrat (73,7 g), protein (9,2 g), kalori (355 kalori), lemak (3,9 g), kalsium (10 mg), fosfor (256 mg), vitamin B1 (0,38 mg), dan air (12 g). Buah ataupun biji jagung ini tentunya banyak digemari oleh banyak orang, apalagi jagung manis yang rasanya manis itu. Dalam mengkonsumsi jagung ini, banyak ragam cara dapat dilakukan, seperti direbus dan dibakar. Namun, agar dapat meningkatkan harga jualnya, memperpanjang masa simpan dan menyediakan konsumsi jagung secara terus-menerus maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu. 

Produk olahan jagung ini pun selain dapat dinikmati setiap saat, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Produk-produk olahan jagung ini dalam pembuatannya tidak melulu membutuhkan teknologi canggih, hanya dengan menggunakan teknologi sederhana pun juga dapat dilakukan khususnya dilakukan di rumah. Produk olahan jagung ini beraneka ragam, seperti cake jagung, jagung susu keju, es krim jagung, bubur jagung, mie jagung, jeli jagung dan masih banyak lagi. Salah satu contoh produk olahan jagung yang mudah dibuat di rumah adalah cake jagung. 

Cake Jagung Super Renyah
(sumber: herijaya.com)

Pembuatan cake jagung ini tentunya sangat mudah, dan bisa dilakukan di rumah. Adapun cara-caranya sebagai berikut:
1. Jagung masih muda dipipih sehingga diperoleh 250 gram jagung pipilan,
2. Jagung pipilan tersebut dihancurkan dengan menggunakan blender dan campurkan secara merata dengan 100 gram gula pasir, 100 gram terigu, 150 gram mentega, 3 butir telur ayam yang telah dikocok sebelumnya serta ¼ kaleng susu kental manis,
3. Cetakan yang telah disiapkan, diolesi dengan mentega kemudian adonan dari jagung dimasukkan ke dalam cetakan tersebut,
4. Masukkan ke dalam oven dan masak hingga sampai berwarna kuning agak kecoklatan. 

Demikian produk olahan dari jagung yang dapat kalian terapkan di rumah, tunggu artikel selanjutnya mengenai cara pembuatan produk olahan dari jagung yang lain, terima kasih! see you!